Skip to content

Sistem Pencernaan (Latihan Soal)

15 Maret 2012
Latihan Soal !
 
  1. Apakah yang dimaksud dengan makanan yang sulit dicerna dan mudah dicerna?
  • Makanan yang sulit dicerna adalah : makanan yg dpt memperlambat proses pencernaan dalam tubuh manusia. Makanan yang sulit dicerna biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan yang banyak mengandung serat (selulosa). Makanan dan minuman yang sangat dingin menyebabkan kontraksi pilorus, katup yang memisahkan lambung dengan duodenum, sehingga memperlambat pergerakan makanan yang dicerna. Selain itu, lambung akan bekerja ekstra untuk menghangatkan makanan, sehingga makanan lebih lama tinggal di lambung.
  • Makanan yang mudah dicerna adalah : makanan tidak memperlambat proses pencernaan, selain itu juga merupakan makanan yang tidak memberi efek negatif pada lambung dan organ tubuh lainnya.

2. Tuliskan makanan yang sulit dicerna dan mudah dicerna !

  • Makanan yg sulit dicerna meliputi :

    a. Makanan pedas

Bahaya sekali kalau usus dan lambung kita sensitif terhadap senyawa capsaicin. Capsaicin adalah zat yang banyak terdapat pada paprika, cabai, dan jalapeno (cabai khas Meksiko). Senyawa capsaicin yang berukuran kecil tidak dapat dipecah oleh tubuh sehingga dapat menyebabkan iritasi pada usus halus. Iritasi pada usus halus akan mengganggu gerakan peristaltik, sehingga makanan terdorong ke usus besar. Akibatnya, timbul rasa mulas yang bisa berujung pada diare.

    b.Kubis-kubisan

serat pangan dan senyawa dalam kubis sulit dicerna, sehingga kubis juga menjadi makanan yang sedap bagi mikroflora (bakteri dalam usus). Mikroflora inilah yang menghasilkan penumpukan gas yang mengandung belerang dalam usus besar kita. Sehingga, perut terasa sesak akibat penumpukan gas dalam usus.

   c. Nangka, Sirsak dan Cempedak

Makan nangka, sirsak, dan cempedak dalam jumlah sangat banyak dapat menghadirkan rasa kembung seharian. Hal itu terjadi karena buah-buahan ini memang sulit dicerna.

   d. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan juga dapat menyebabkan timbulnya stres pada lambung, sebab kadar lemak dalam kacang mencapai 60%.

    e. Es Krim

minuman dingin ini pun mampu menyebabkan masalah pada perut, seperti sesak dan kembung. Karena makanan yang terkandung dalam Es Krim mengandung lemak yang cukup banyak. Lemak akan melekat di dalam perut lebih lama dari makanan lainnya. Adapun kekurangan enzim laktase yang diperlukan untuk mebantu memecah gula susu ini akan menyebabkan tubuh terserang diare dan terlalu sering buang gas.

  • Makanan yg mudah dicerna meliputi :
  1. Sayuran berdaun hijau
  2. Daging ayam
  3. Buah-buahan(apel, pisang, anggur, jeruk, lemon, dll)
  4. Kerupuk polos
  5. Nasi
  6. Agar-agar
  7. Roti bakar

3. Mengapa kita perlu makan?

Makanan diperlukan tubuh manusia untuk pertumbuhandan melakukan kegiatan sehingga tubuh tetap sehat. Kegiatan yang dilakukan, misalnya belajar, pergi ke sekolah, dan bermain. Makanan yang kamu makan sebaiknyamengandung gizi. Asupan gizi yang baik tidak akan terpenuhi tanpa makanan yang sehat.Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung semua zat gizi. Zat-zat gizitersebut dibutuhkan tubuh untuk memperoleh energi. Selain itu, zat gizi digunakan untuk  pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan sel-sel tubuh serta memelihara kesehatan. Zat-zat makanan yang diperlukan tubuh, di antaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin,mineral, dan air.

4.  Apakah yang dimaksud dengan makanan bergizi?

Makanan yang di dalamnya mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan mengandung gizi yang seimbang yaitu makanan yang serat gizi dan baik dikonsumsi oleh tubuh. Tujuan memakan makanan bergizi bagi tubuh kita adalh utk menjaga agar badan kita tetap sehat, tumbuh, dan berkembang secara baik.

Contoh Makanan Bergizi

   a. Makanan yang mangandung sumber tenaga (Nasi, Ubi-ubian, Mie, Jagung, Roti, Kentang, dll)

   b. Makanan yang mengandung sumber pembangun (Tempe, Tahu, Telur, Hati daging, Daging sapi, Kacang, Ayam, Udang, Susu, dll)

   c. Makanan yang mengandung sumber pengatur (Sayur-sayuran, Buah-buahan).

Jadi makanan sehat menurut ahli gizi mengandung empat macam makanan yaitu : makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran dan buah-buahan.

5.  Tuliskan zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh!

zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh diantaranya Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral, serat dan air.

  1. Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari contohnya nasi, roti, gandum, dll.
  2. Protein adalah zat yang pembangun dibutuhkan oleh tubuh  pada reaksi kimia dalam metabolisme tubuh, mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Protein dibagi menjadi 2 yaitu protein nabati dan protein hewani. contoh protein nabati adalah Ubi jalar (Telo), singkong, kentang sedangkan contoh protein hewani adalah daging, ikan laut dll.
  3. Lemak hampir sama dengan karbohidrat sebagai sumber energi yang berfungsi dalam metabolisme tubuh. contohnya kacang-kacangan, minyak zaitun
  4. Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur proses kegiatan dalam tubuh. ada beberapa jenis vitamin yaitu vitamin A, B, C, D, E dan K. vitamin banyak terdapat pada buah dan sayuran.
  5. Mineral adalah senyawa alami atau essensial  yang terbentuk dari proses geologis. kalsium, kalium, zat besi, fosfor adalah beberapa contohnya.
  6. Serat berfungsi memperlancar pencernaan tubuh, serat juga banyak terdapat pada buah dan sayuran.
  7. Air merupakan zat yang sanggat penting bagi tubuh dan juga berfungsi memperlancar metabolisme, seperti proses pencernaan dan peredaraan darah.

6. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih makanan dalam kaleng atau dalam kemasan yang diawetkan!

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih makanan dalam kaleng atau dalam kemasan yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

  1. Pilih Kemasan kaleng yang masih utuh dan tidak penyok. Karena kaleng kemasan yang penyok akan menimbulkan senyawa yang berbahaya yang berasal dari kaleng tersebut.
  2. Pilih makanan kaleng yang tutup atau sealnya masih utuh/tidak rusak.
  3. Usahakan tidak membeli makanan kaleng yang berjarak 3 bulan sebelum tanggal kadaluarsa. Meskipun bila sudah telanjur membeli, Anda masih dapat mengonsumsinya, sebab batas waktu konsumsi makanan kaleng umumnya 3 bulan sesudah tanggal kadaluarsa.
  4. Sebelum membeli makanan dalam kemasan kaleng sebaiknya perhatikan bagian atas atau tutup kaleng. Pastikan bahwa bagian atas kaleng harus cekung. Sebaiknya anda tidak membeli makanan kaleng yang sudah menggelembung. Penggelembungan ini terjadi karena adanya produksi gas oleh mikroorganisme, yang berarti terjadi pertumbuhan mikroorganisme. Dan ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan.
  5. Perlu juga memperhatikan bagaimana kemulusan kemasan kalengnya.
  6. Semua produk dalam kaleng harus bersetifikat halal yang diakui MUI, dan jika barang impor harus pake kode ML.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan, demi menjaga agar kita tidak terkena dampak negatif dari makanan kaleng yang sudah tidak aman dikonsumsi.

About these ads

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: